FAQ

Beberapa pertanyaan terkait dengan paket wisata perjalanan ke Pulau Tidung:

Pilihan Paket

Q: Apa bedanya paket PRIVATE dengan paket JOIN (TRIP GABUNGAN)?

A: Pada paket PRIVATE, Anda dan rombongan akan ditempatkan dalam satu rumah sendiri, dengan satu tur guide, dan dengan satu kapal tradisional untuk snorkeling (khusus untuk paket FULL) tanpa digabung oleh rombongan-rombongan yang tidak dikenal. Oleh sebab itulah paket PRIVATE menjadi lebih mahal daripada paket JOIN. Keberangkatannya tidak ditentukan dari berapa jumlah orang yang telah terkumpul, tetapi dari masih ada atau tidaknya rumah dan fasilitas lain pada tanggal yang diinginkan. Sebaliknya, pada paket JOIN (TRIP GABUNGAN), Anda dan rombongan akan ditempatkan dalam satu rumah minimal berjumlah 10 orang, maksimal berjumlah 18 sampai 19 orang (tergantung kapasitas rumah), dengan satu tur guide, dan dengan kapal tradisional untuk snorkeling yang sama/sharing (khusus untuk paket FULL/UPGRADE FASILITAS TAMBAHAN). Jadi, kepergian pada paket JOIN harus menunggu minimal 10 peserta terkumpul. Akan tetapi, bukan berarti jika Anda membeli paket JOIN untuk 10 peserta, Anda dapat dijalankan secara private. Apabila pada tanggal yang sama ada rombongan lain, maka tetap akan digabung pada rombongan Anda sampai kapasitas tertentu. Karena sifatnya TRIP GABUNGAN, maka makanan akan diantarkan ke rumah secara prasmanan sejumlah peserta pada rumah tersebut, sehingga tidak dipisahkan porsinya antar rombongan yang satu dengan yang lain. Sama halnya dengan pemberian fasilitas, akan kami utamakan Anda yang telah membayar fasilitas tambahan (diatur dari Jakarta lebih dahulu).

PEMESANAN DAN HARGA

Q: Kapan waktu paling lama untuk melakukan pemesanan?

A: Jika tidak dalam periode high seasons, 1 – 2 minggu dimuka akan lebih menjamin ketersediaan paket. Namun, untuk rencana kepergian pada high seasons, lebih cepat melakukan pemesanan akan lebih baik. Sesungguhnya, sepanjang homestay dan seluruh fasilitas masih tersedia, booking saat H-3 pun dapat dilakukan, hanya saja tidak terjamin ketersediaannya.

Q: Berapa jumlah minimal rombongan yang dapat dilayani?

A: 2 orang. Perlu diperhatikan bahwa harga yang kami tawarkan ialah untuk minimal 10 orang. Untuk jumlah rombongan < 10 orang, silakan download published pricelistnya disini (harga dapat berubah sewaktu – waktu). Akan tetapi, banyak pemilik homestay yang hanya ingin diisi oleh pasangan bertunangan/menikah untuk rombongan yang hanya 2 orang dan lawan jenis.

Q: Apa yang harus saya lakukan ketika hendak melakukan pemesanan (booking)?

A: Pemesanan harus disertai dengan pembayaran uang muka (DP). Jumlah DP biasanya minimal 30% dari harga total. Namun, apabila jumlah rombongan cukup banyak, DP dapat disesuaikan (misal: Rp 50.000,-/orang atau 20% dari harga total). Untuk cara melakukan pembayaran DP, silakan klik disini. Pembayaran DP penting sebagai tanda jadi yang menjamin ketersediaan semua paket yang diinginkan. Jadi, pemesanan tanpa DP pada dasarnya tidak dapat menjamin ketersediaan paket yang diinginkan.

Q: Apabila tidak jadi pergi, apakah DP akan hangus?

A: Tergantung. Apabila pembatalan dikarenakan cuaca yang tidak memungkinkan sampai kapal tidak berlayar (force majeure), maka perjalanan akan di re-schedule sesuai dengan kesepakatan bersama. Namun jika re-schedule tidak memungkinkan, pengembalian uang DP akan tergantung dari berapa jumlah DP yang dibayarkan (mungkin dapat dikembalikan tetapi tidak seutuhnya, karena sudah digunakan untuk membeli makanan). Akan tetapi, apabila pembatalan berupa pengurangan jumlah peserta, DP tidak hangus dan tidak dipotong sama sekali jika pengurangan jumlah peserta dilakukan maksimal H-7 (1 minggu sebelum keberangkatan). Namun, harga per orang akan mengikuti sisa jumlah peserta yang ikut (misal: dari 10 orang, menjadi 6 orang, maka harga per paketnya ialah harga untuk 6 orang). Jika pembatalan dilakukan secara sepihak dari rombongan, maka uang DP yang telah dibayar dianggap hangus.

Q: Jika mengajak anak – anak, apakah harganya sama?

A: Tentu saja berbeda. Untuk anak di bawah 2 tahun, tidak dikenakan biaya. Untuk anak yang belum bisa snorkeling atau sepeda, maka biayanya ialah biaya orang dewasa yang dipotong biaya snorkeling dan sepeda.

 

KONDISI KAPAL DAN DERMAGA

Q: Jam berapa setiap harinya kapal berangkat dan kembali dari dan ke Muara Angke?

A: Jam keberangkatan kapal (dari Muara Angke) dan kepulangan kapal (dari Pulau Tidung) setiap harinya ialah pkl. 07.30 WIB. Untuk keberangkatan, setelah kapal penuh (meskipun sebelum pkl 07.30 WIB), kapal akan langsung jalan dan diisi ke kapal berikutnya. Oleh sebab itu, saat weekend kami meminta Anda sudah berada di lokasi meeting point maksimal pkl 06.00 WIB dan saat hari biasa, kami meminta Anda sudah tiba di meeting point maksimal pkl 06.30 WIB. Mengenai jam pulang kapal, khusus untuk Hari Minggu dan hari libur nasional, ada perjalanan tambahan dari Pulau Tidung ke Muara Angke, yakni antara pkl. 09.00 sampai pkl. 13.30. Mohon berkoordinasi lebih lanjut dengan guide untuk jam kepulangan Anda.

Q: Jam berapa setiap harinya kapal berangkat dan kembali dari dan ke Pantai Marina?

A: Jam keberangkatan kapal (dari Marina) setiap harinya ialah pkl. 08.00 WIB dan jam kepulangan kapal (dari Pulau Tidung) setiap harinya ialah pkl. 15.00 WIB.

Q: Dimanakah meeting point untuk keberangkatan?

A: Meeting point keberangkatan dari Muara Angke ialah di Pom Bensin, Ps. Ikan, Muara Angke (lokasi persisnya bisa dilihat disini). Meeting point keberangkatan dari Pantai Marina ialah di Dermaga 6, Pantai Marina, Ancol.

Q: Jenis kapal seperti apakah yang digunakan untuk mengangkut kami dari Muara Angke?

A: Kapal feri penumpang kapasitas 100 – 200 orang, non AC, tanpa tempat duduk (lesehan).

Q: Jenis kapal seperti apakah yang digunakan untuk mengangkut kami dari Marina?

A: Kapal speed boat kapasitas bervariasi (dari 20 – 85 orang) dilengkapi dengan AC, TV, dan kamar mandi.

Q: Berapa lama durasi perjalanan penyebrangan?

A: Untuk satu kali jalan, dari Muara Angke – Pulau Tidung sekitar 2.5 jam; sedangkan dari Marina-Pulau Tidung sekitar 1 jam.

Q: Apakah harga tiket sudah mencakup asuransi?

A: Ya, dari Jasa Rahardja, khusus untuk kapal dari Muara Angke.

Q: Apakah ada tempat parkir kendaraan di Muara Angke?

A: Seperti di Pantai Marina, di Muara Angke juga ada tempat parkir kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Bedanya, tempat parkir di Muara Angke dijaga oleh warga sekitar, akan tetapi tingkat keamanannya terjamin karena belum pernah ada laporan kehilangan atau kerusakan. Mengenai tarif parkir, untuk kendaraan roda empat biasanya Rp 50.000,-/unit/malam dan kendaraan roda dua biasanya Rp 20.000,-/unit/malam. Silakan klik disini untuk melihat kondisi lahan parkir dan kapal dari Muara Angke maupun dari Marina.

Q: Bagaimana jika saat di tengah perjalanan, kapal kami diberhentikan oleh polisi air?

A: Hal ini disebabkan karena ketidaksepahaman antara pengelola kapal dengan pihak kepolisian. Jadi, jika Anda mengalami kasus seperti ini, ikuti saja arahan petugas kapal, atau hubungi kembali nomor telepon penjemput yang telah kami berikan saat H-1 untuk diarahkan kembali. Segala kondisi serta kejadian-kejadian yang membuat tamu tidak nyaman, khususnya terkait dengan kapal penyebrangan, adalah diluar tanggung jawab dan wewenang kami, mengingat kapal penyebrangan dikelola secara independen (bukan dari travel kami). Akan tetapi, kami akan tetap memberikan yang terbaik terkait segala permasalahan yang mungkin timbul.

Q: Apakah memungkinkan untuk kami menggunakan kapal cepat dari Muara Angke (Citra Jet)?

A: Baru-baru ini dibuka layanan kapal cepat dari Muara Angke, yaitu kapal Citra Jet. Namun, mengingat jadwal keberangkatan dan jam operasional yang belum pasti, kami belum menyusun paket dengan menggunakan kapal tersebut. Akan tetapi, jika sesampainya Anda di Muara Angke dan Anda hendak menggunakan kapal tersebut, Anda dapat menghubungi penjemput yang telah kami siapkan di Muara Angke untuk menggunakan kapal tersebut. Penambahan biayanya ialah IDR 70.000,-/orang untuk 1x jalan. Penambahan biaya nantinya dibayarkan langsung kepada perwakilan kami di dermaga Pulau Tidung (Andika).

FASILITAS DAN SUSUNAN ACARA

Q: Jika saya tidak menginginkan fasilitas tertentu, apakah bisa dikurangi harganya? Dan jika saya ingin penambahan fasilitas, apakah bisa?

A: BISA, dengan syarat harus memberitahukan kepada kami pada saat pembayaran DP. Jika beberapa peserta tidak bisa naik sepeda, tidak perlu menyewa sepeda, sehingga harga paketnya dikurangi dengan fasilitas sepeda. Begitu pula untuk fasilitas lain (makan/BBQ/snorkeling/dsb.). Jika ingin agar BBQ dilakukan 2x, atau snorkeling dilakukan selama 2 hari, atau melakukan water activities lain, bisa dilakukan dengan penambahan charge. Untuk jumlah pastinya, silakan hubungi kami.

Q: Apakah kami dapat memilih menu makanan?

A: Catering biasanya sudah menyesuaikan sendiri menu makanan yang disajikan ke tamu setiap harinya. Anda bisa saja menyampaikan ke guide mengenai kemungkinan request menu makanan, dan akan kami usahakan (TIDAK PASTI) agar dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

Q: Apakah benar saya dapat mengubah susunan acara? Lalu, mengapa diberikan itinerary acara saat saya menerima bukti DP melalui email?

A: Benar sekali. Prinsipnya adalah fleksibilitas dan kepuasan pelanggan. Panduan acara yang diberikan hanya bersifat memberikan informasi mengenai spot – spot yang biasa menjadi point of interest. Pengubahan jadwal (peniadaan acara tertentu/ pemindahan jam acara tertentu) dapat dilakukan dengan dikompromikan dengan guide. Akan tetapi, waktu pergi dan pulang, serta check-in dan check-out tidak dapat diubah, kecuali men-charter kapal sendiri.

HOMESTAY

Q: Apakah penginapan di homestay berarti menginap di rumah penduduk? Adakah tempat akomodasi lain selain homestay?

A: Homestay adalah rumah milik penduduk yang dibuat khusus untuk disewakan kepada pengunjung. Jadi, pada dasarnya rumah tersebut tidak ditinggali oleh penduduk. Pengunjung yang menyewa homestay berarti menyewa satu rumah (ada yang 1/2/3 kamar) dan tidak  tinggal satu rumah dengan penduduk. Sebagian besar rumah disana telah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), tetapi perlu diperhatikan bahwa beberapa rumah menempatkan AC di penginapan, tidak selalu di kamar. Maksudnya, ketika memesan rumah 2 atau 3 kamar, tidak selalu berarti di rumah itu ada 2 atau 3 AC. Hal ini disebabkan karena terbatasnya daya listrik pada tiap-tiap rumah. Ada beberapa rumah juga yang mengatur sedemikian rupa sehingga AC bisa dirasakan di seluruh rumah atau seluruh kamar.

Sampai saat ini hanya ada satu cottage dengan tujuh bangunan kamar yang ada di Pulau Tidung. Untuk penginapan di cottage, biayanya tentu lebih mahal daripada harga paket.

Q: Jika saya menyewa homestay, saya dapat yang berapa kamar?

A: Tergantung jumlah pesertanya. Semakin besar pesertanya, maka akan mendapatkan jumlah kamar yang lebih besar pula, begitu pula sebaliknya. Namun, jika rombongan melebihi 17 orang, biasanya akan diberikan lebih dari 1 homestay.

Q: Berapa jumlah kasur yang disediakan? Apakah ada biaya untuk  extra bed?

A: Jumlah kasur yang disediakan diatur oleh pemilik rumah. Biasanya, rumah diperlengkapi dengan kasur yang sesuai dengan kapasitas rumah tersebut. Penambahan biaya untuk extra bed dibebankan kepada peserta yang ingin menambah kasur sebesar Rp 25.000,-/single bed/night dan Rp 50.000,-/double bed/night.

Q: Apakah di dalam homestay terdapat kompor? Fasilitas – fasilitas apa saja yang diberikan?

A: Ada beberapa homestay yang sudah dilengkapi dengan kompor, tetapi tidak dilengkapi dengan peralatan masak yang banyak. Jika ingin homestay yang dilengkapi dengan kompor, akan dikenakan additional charge, sebagai kompensasi gas elpiji. Fasilitas – fasilitas yang pada umumnya ada pada setiap homestay adalah AC (tergantung request rombongan), TV, dan dispenser. Beberapa homestay juga sudah dilengkapi dengan kulkas. Namun sebagian besar homestay memang tidak dilengkapi dengan dapur karena seluruh konsumsi sudah termasuk dalam paket dan ada banyak warung makanan di sekitar penginapan.

Q: Apakah homestay tersebut aman? Dapatkah kami meninggalkan barang berharga di homestay?

A: Kami sangat menyarankan agar Anda tidak meninggalkan barang berharga di homestay. Ketika Anda hendak keluar homestay, mohon untuk senantiasa mengunci pintu homestay, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Segala kehilangan barang berharga bukan menjadi tanggung jawab kami.


FASILITAS UMUM

Q: Apakah di Pulau Tidung ada ATM?

A: Ada, namun bukan dari bank ternama. Untuk menghindari kemungkinan gangguan teknis pada ATM yang membuat kekurangan uang di pulau, ada baiknya membawa uang secukupnya.

Q: Bagaimana mengenai sinyal telepon seluler disana?

A: telepon seluler dari hampir semua provider bisa digunakan di area Jembatan Cinta. Akan tetapi, di area pemukiman (selain Jembatan Cinta), jaringan sinyal yang cukup baik hanya dari provider TELKOMSEL dan INDOSAT.

Q: Bagaimana jika saya sakit atau dalam kondisi emergency?

A: Di Pulau Tidung, sudah ada puskesmas yang siap membantu mengenai masalah kesehatan. Dalam kondisi gawat darurat lainnya, dapat segera menghubungi guide atau langsung ke kantor polisi jika diperlukan.

Q: Apakah ada toserba atau mini market?

A: Ada, hanya saja bentuknya masih tradisional (warung), sehingga kurang lengkap dibandingkan dengan mini market yang tersedia di kota. Barang – barang yang dijual: makanan ringan, minuman, keperluan mandi, dsb.

Q: Apakah di sana ada lapangan bermain?

A: Ya, di sana tersedia lapangan bulutangkis dan futsal, serta arena bermain anak-anak.